South Texas Family Center – Bisnis kos-kosan, apalagi di daerah strategis seperti dekat kampus, perkantoran, maupun pabrik, masih terbilang menjanjikan.

Sebab para pekerja, mahasiswa maupun orang kantoran lebih sering membutuhkan tempat tinggal yang harga sewanya terjangkau ketimbang menyewa rumah dalam jangka waktu tertentu.

Jadi bisa dibilang banyak orang yang membutuhkan rumah kos-kosan, apalagi di wilayah perkantoran maupun kampus.

Pangsa pasar bisnis kos-kosan

Pangsa pasar kos-kosan sebetulnya cukup jelas dan bisa diraba dengan mudah.

Selain lima pangsa pasar diatas, ada kategori lain seperti orang-orang yang membututuhkan tempat tinggal sementara ketika ingin hadir di peristiwa tertentu. Misalnya:

Hal-hal penting untuk diperhatikan dalam bisnis kos-kosan

Setelah tahu pangsa pasar bisnis kos-kosan, hal selanjutnya adalah mempertimbangkan beberapa hal penting supaya bisnis kos-kosan bisa berjalan sehat dan lancar.

Ketersediaan properti

Bisnis kos-kosan jelas membutuhkan properti, alias rumah dengan banyak kamar dan dengan desain rumah yang membuat nyaman penghuninya.

Kalau Anda belum memiliki properti yang dikhususkan untuk kos-kosan, Anda bisa mulai mencari rumah kos-kosan yang dijual.

Kalau tidak, dan bisa Anda sudah memiliki tanah luas, harta tersebut bisa dimanfaatkan untuk membangun kos-kosan baru.

Patokan harga yang bersaing

Bandingkan fasilitas yang Anda berikan, umur rumah, serta harga rata-rata kos-kosan di daerah tertentu.

Dengan melakukan itu, Anda bisa mengkalkulasi berapa biaya sewa yang pantas dikenakan kepada orang-orang yang menyewa kos di tempat Anda.

Siapkan fasilitas terbaik

Berpikirlah sebaik mungkin ketika mempersiapkan fasilitas untuk penghuni kos. Anda bisa, misalnya, memberikan fasilitas Wi-Fi super kencang untuk penghuni kos.

Lalu untuk membedakan dengan pesaing, Anda bisa menambahkan fasilitas seperti laundry dengan harga terjangkau.

Lokasi bisnis kos-kosan

Membangun kos-kosan di daerah yang jauh dari perkantoran maupun universitas tentu bukan keputusan bijak.

Namun akan lebih baik seandainya Anda mengalokasikan budget untuk membangun kos-kosan di dekat daerah perkantoran, pabrik, maupun di universitas yang mahasiswanya kebanyakan berasal dari luar daerah.

Besaran biaya yang harus dipersiapkan

Sebagai gambaran, Anda bisa membangun kos-kosan dengan bermodal Rp 480 juta. Dengan uang sebesar itu, Anda bisa membangun kos dengan 10 kamar, dengan masing-masing kamar berukuran 4×4 meter, plus kamar mandi dalam.

Biaya tersebut mengasumsikan harga tanah Rp 1,5 juta per meter. Yang berarti Anda membutuhkan tanah dengan luas kira-kira 20 meter persegi.

Dengan demikian biaya yang dikeluarkan untuk membeli tanah adalah Rp 30 juta.

Karena 1 kamar 4×4 meter berukuran 16 meter persegi, dan Anda ingin membangun 10 kamar, maka total kamar kos yang akan dibangun adalah 160 meter persegi.

Bila biaya membangun satu kamar adalah Rp 3 juta, maka Anda tinggal mengalikan biaya tersebut dengan total luas kamar kos yang akan dibangun. Jadi rumusnya: 160 meter persegi x 3 juta rupiah = Rp 480 juta.

Kesimpulan

Membangun kos-kosan di lokasi strategis jadi sebuah bisnis yang menjanjikan, karena pangsa pasarnya yang juga besar.

Jadi sudah siap membangun kerajaan bisnis kos-kosan? Anda bisa melakukannya dengan modal kurang dari Rp 500 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *