South Texas Family Center – Bergabung dengan brand yang menjual bisnis waralaba lokal bisa dipilih sebagai opsi utama, terutama bagi orang yang baru mulai merintis usaha.

Alasannya sederhana: bila mampu mengembangkan metode tepat mengelola franchise, usaha satu ini bisa berkembang dengan sehat.

Data Kementerian Perdagangan yang dikutip Kumparan.com menyebut ada 81 ribu bisnis waralaba di Indonesia, meski yang terdaftar di kementerian yang sama baru sekitar 100 nama. Dari jumlah tersebut, 19.118 outlet waralaba ada di Jawa Barat, disusu Jawa Timur sebanyak 12.660, dan DKI Jakarta sebanyak 9.223.

Secara umum, biaya memulai bisnis franchise dengan prospek keuntungan yang tinggi berkisar antara 50 juta hingga 1 miliar Rupiah. Meski begitu kita masih bisa menemukan jejaring waralaba yang menjual lisensi mulai dari 10 juta Rupiah.

Daftar waralaba lokal dengan investasi mulai dari Rp 10 Juta

Ice Cream Bowl adalah bisnis franchise yang berpusat di Yogyakarta. Menu yang disajikan adalah es krim gelato dengan berbagai macam rasa. Biaya investasi awal mulai dari 6 juta Rupiah hingga 16,5 juta Rupiah.

Dengan modal awal ini, rekanan tidak hanya akan diberikan bahan es krim tetapi juga 1 gerobak, peralatan lengkap (mixer, ice box, ice pack, ice cream scoop, wadah es krim, dll), bubuk es krim bersama dengan kerucut, topping, seragam karyawan,.

Selain itu, pembeli lisensi (franchisee) waralaba Bowl Ice Cream juga mendapatkan alat promosi untuk memasarkan merek maupun produk yang dibelinya dari franchisor.

Sedangkan untuk estimasi laba atas investasi, Ice Cream Bowl mengklaim mitra bisa mendapat balik modal modal dalam waktu 2-3 bulan, dengan catatan dia bisa menjual lebih dari 60-85 es krim per hari.

Lalu untuk keuntungan kotornya, Bowl Ice Cream mengkalim franchisor bisa mendapat keuntungan antara 4 hingga 6 juta Rupiah selama satu bulan.

Usaha Franchise Mie Goreng Umihantsa merupakan produsen mie mentah tanpa bahan pengawet dan bahan kimia yang telah berpengalaman 8 tahun dan bersertifikat halal.

Umihantsa membuka peluang bagi siapa saja yang ingin menjadi distributor, reseller, atau agen untuk produk mie goreng buatannya. Tidak hanya terbuka untuk distributor saja, Umihantsa juga bisa menjadi supplier untuk bisnis mie goreng anda.

Paket investasi Umihantsa mulai dari Rp. 8 juta, sedangkan fasilitas yang diberikan mitra adalah freezer, tas motor, produk mie umihantsa, media pemasaran (spanduk, brosur, kartu nama dan internet marketing).

Estimasi keuntungan yang didapat pengusaha diklaim bisa mencapai 6 juta Rupiah per bulan. Angka ini bisa dicapai bila franchisor mampu menjual 800 bungkus mie goreng Umihantsa.

Saat ini minuman kopi sedang menjadi trend di kalangan anak muda, tidak heran jika banyak bisnis franchise minuman kopi mulai menjamur.

Kalau berbicara lingkup waralaba minuman kopi yang lebih besar lagi, kita bisa menyebut contoh seperti Starbucks dan JCo. Dan kalau kita menyebut satu saja waralaba minuman kopi lokal, ada Daycinno yang muncul.

Bisnis franchise milik Daycinno Coffe & CO telah menarik lebih dari 500 partner di berbagai daerah di Indonesia. Daycinno membebankan biaya investasi yang disesuaikan dengan paketnya, yaitu booth tanpa paket seharga 5,5 juta Rupiah, paket booth seharga 9 juta Rupiah dan paket pulau seharga 35 juta Rupiah.

Daycinno merupakan salah satu cabang Java Group yang telah ada sejak tahun 2006. Mereka mengklaim setiap bulan selalu membuat menu minuman kopi baru.

Demikianlah tiga rekomendasi bisnis waralaba lokal yang bisa diajak sebagai mitra usaha. Dengan modal mulai dari 10 juta Rupiah, tentunya biaya sebesar itu masih cukup terjangkau, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *