Pengalaman Coba Pemanas Air Andris Series 15 Liter Dari Ariston

Setelah melihat beberapa kerabat pakai water heater ariston, saya tertarik untuk coba versi terbarunya yakni Andris Series 15 liter AN 15RMT. Soal nama brand, sebenarnya saya sudah cukup yakin dengan apa yang Ariston akan berikan. Tapi ini adalah pertama kali saya coba water heater dengan daya listrik. Jadi, ini adalah testimoni yang ingin saya bagikan. 

First impression (tampilan)

Saya cukup senang dengan gaya tampilan water heater ariston yang satu ini. Dengan harga yang cukup tinggi dan berdaya listrik, model dan desain mesin tampak lebih modern. Bentuknya kotak, ada indikator digital, dan satu katup putar di sisi depannya. Jadi terlihat seperti armor iron man. Sayangnya, cukup berat yakni sekitar 7,3 kg. 

Di sisi kiri mesin juga ada tulisan jelas akan cara pemakaian dan informasi penting lainnya. Ini adalah nilai plus yang membuat saya lebih suka Ariston. Soalnya, tidak perlu cari info di buku manual lagi. Infonya mencakup saluran air sampai listriknya. Jika ada kesalahan atau ragu bisa langsung tengok ke tulisan di sisi kiri mesin tersebut.

Daya listrik sekitar 350 w

Untuk sebuah water heater yang terus memanaskan air, saya salut dengan tegangan listrik yang dibutuhkan. 350W menurut saya sudah cukup rendah. Jadi tidak menarik banyak listrik, alhasil cukup hemat listrik untuk kebutuhan rumahan. Belum lagi kapasitasnya sekitar 15 L, yang mana cukup besar dan kuat untuk sekedar memanaskan air untuk mandi di rumah. 

Fitur yang buat air terus hangat 

Satu aspek yang bikin saya semakin suka dengan produk ini adalah fitur water temperature kontrol. Fitur kontrol suhu yang dimiliki Water Heater Ariston ini bisa terus berjalan dan bantu suhu air selalu terkendali. Alhasil, tidak perlu tunggu lama untuk dapat air panas sesuai kebutuhan. Kalau digabung dengan mixer air yang bagus, pengguna juga bisa atur suhu lebih baik. 

Menurut saya pribadi, fitur ini menjawab banyak pertanyaan tentang tarikan listrik lebih besar saat mesin tidak digunakan dalam beberapa waktu. Karena listrik terus mengalir dan mencegah suhu turun, pemanas pun tidak perlu bekerja extra saat mesin diaktifkan kembali. Ini juga mengurangi tarikan daya listrik melonjak atau tidak stabil. 

Kontrol suhu tidak hanya terus membuat air hangat, tapi juga mencegah air menjadi terlalu panas. Fitur ini layak dapat acungan jempol karena teknologi scalding prevention bisa mencegah pengguna tersengat air panas. Bagi saya, fitur ini akan mengurangi resiko cedera pada penggunanya. 

Lebih awet dan proteksi maksimal 

Hal yang membuat saya tertarik adalah bahan titanium enamel. Bahan ini memang ada sebagai bagian dari tangki air panas. Meski bukan penemuan baru, tapi bahan ini akan sangat baik untuk water heater jenis listrik. Terutama saat listrik terus mengalir dan memanaskan air agar siap dipakai kapan saja. 

Bahan ini akan memberi proteksi yang lebih baik untuk mesin pemanas. Tidak hanya itu, dibanding dengan elemen besi pada umumnya pun titanium enamel punya umur pakai dan daya tahan yang lebih panjang. Belum lagi ditambah dengan fitur anti jamur dan bakteri, kualitasnya benar benar over the top untuk produk harga 2 jutaan saja. 

Intinya, saya cukup puas dengan produk pemanas air Andris R Ariston satu ini. Selain tegangan listrik yang rendah, suhu air yang dihasilkan pun lebih terkendali. Tidak terlalu panas ataupun dingin. Keamanannya pun terjamin dan pihak Ariston siap membantu dengan informasi yang telah terpampang di sebelah kiri mesin.

Tinggalkan komentar