South Texas Family Center – Kamu mungkin sedang mempertimbangkan pembelian mobil baru untuk menunjang aktivitas harian. Sebabnya bisa jadi bermacam-macam karena kebutuhan manusia yang juga beragam – misalnya kamu bisa saja membutuhkan mobil, karena ingin merasakan kemudahan ketika membawa anggota keluarga mudik, dan lain sebagainya.

Lalu, kamu membutuhkan mobil karena membawa kendaraan sendiri lebih aman ketimbang naik transportasi umum. Dan berbagai alasan lainnya. 

Walau begitu, tentu saja yang ingin kamu beli adalah mobil penumpang, yang tipe serta jenisnya ada banyak. 

Berikut beberapa tipe mobil penumpang yang saat ini relatif mudah ditemukan di pasar otomotif Indonesia. 

  1. Sedan

Di tipe ini ada beberapa subtipe yang ditawarkan oleh dealer, yakni mini sedan, medium sedan, dan luxury sedan. 

Tipe luxury sedan biasanya diperlakukan sebagai kendaraan yang lebih mewah ketimbang sedan yang lain. Di tipe ini kita bisa menemukan model seperti Toyota Camry atau Toyota Crown. 

Di tingkat menengah alias medium sedan, kita bisa menemukan Toyota Corolla Altis dan di level mini sedan kita bisa berjumpa dengan Toyota Vios. 

  1. Multi Purpose Vehicle (MPV)

Daya angkut yang besar dan fleksibilitas tinggi jadi alasan yang menjawab kenapa banyak orang menyukai Multi Purpose Vehicle (MPV). 

Ada tiga subtipe MPV yang beredar di pasaran, yaitu low MPV seperti Avanza menjadi salah satu model yang populer dan sering kita lihat berseliweran di jalanan. 

Di atasnya ada medium MPV yang diwakili beberapa nama seperti Kijang Innova dan MPV di kelas yang lebih mewah seperti Alphard maupun Vellfire. Lalu ada juga compact MPV yang diwakili Sienta. 

  1. Sport Utility Vehicle (SUV)

Jenis seperti Sport Utility Vehicle cenderung naik popularitasnya, antara lain karena kemampuannya yang lebih tinggi ketimbang MPV, dan juga karena kesan mewah yang diberikannya. 

Di kelas ini ada banyak pilihan, sebut misalnya Rush, Fortuner, dan Land Cruiser. Ketiganya merupakan brand yang sudah lama menancapkan kuku di pasar otomotif Indonesia. 

  1. Hatchback

Tipe satu ini punya kemiripan dengan sedan, meski bagian bagasinya tidak dibuat terpisah, melainkan dibuat menyatu dengan kabin. Di kelas ini ada beberapa pilihan, misalnya Toyota Agya dan Yaris. 

Kebanyakan model hatchback cenderung lebih cocok untuk daerah perkotaan. Harganya juga relatif lebih terjangkau.

Demikianlah beberapa tipe mobil yang bisa jadi panduan bagi kamu untuk memilih mobil yang paling tepat untuk menopang aktivitas harian.

Beli tunai atau nyicil?

Nah, jawaban untuk pertanyaan ini sedikit tricky. Kamu bisa saja beli mobil dengan cara tunai bila itu memang memungkinkan, atau kalau kamu enggan ngutang lebih banyak lagi cuma demi beli mobil baru.

Kalau beli dengan cara tunai, kamu jelas gak perlu mikirin berapa banyak duit cicilan yang harus dikeluarkan setiap bulan. Kamu tinggal fokus sama biaya operasional mobil, biaya servis, atau biaya pembelian lainnya.

Plus, dengan membayar secara tunai kamu gak perlu membayar bunga lebih tinggi untuk mobil baru.

Tapi kalau mau beli mobil baru dengan cara nyicil sebetulnya gak masalah juga, asal kamu bisa pas ngitung rasio hutang dan pendapatan. Misalnya nih, kalau pendapatanmu Rp 15 juta per bulan, usahakan besar total hutang per bulan yang harus dibayar gak lebih dari 30 persen, atau Rp 4,5 juta.

Lepas dari mau pakai cara cash atau kredit, urusan beli mobil baru bisa jadi memusingkan kalau kita nggak tahu sedari awal jenis mobil apa yang paling kita butuhkan.

Jadi sebelum ke dealer resmi buat belanja mobil, sebaiknya kenali dulu stpe mobil seperti apa yang sesuai kebutuhanmu ya! Biar mantap kalau mau bawa pulang mobil baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *