Beli Filter Udara Mobil Avanza di TOSS, Sangat Mudah dan Praktis

Saya termasuk pemilik kendaraan bermotor yang rajin kalau soal melakukan pemeriksaan berkala. Karena saya tahu dengan perawatan yang rutin, maka kendaraan saya bakal punya umur yang lebih panjang. Apalagi harga mobil semakin ke sini terus saja naik, dan biaya yang harus disiapkan untuk service kalau sudah rusak pun nggak bisa dibilang murah.

Jadi salah satu upaya saya buat menghemat pengeluaran adalah dengan menjaga performa mobil supaya tetap oke. Salah satunya yaitu saya rajin membersihkan dan mengganti bagian air cleaner filter alias filter udara. 

Karena saya sendiri cukup hobi otak atik kendaraan, jadi untuk melakukan pembersihan dan penggantian ini saya lakukan sendiri. Itulah kenapa saya beli air cleaner filter lewat TOSS.

Fungsi Filter Udara Mobil yang Sangat Penting

Buat yang cukup awam dengan dunia otomotif, mungkin nggak terlalu paham dengan pentingnya bagian ini. Padahal peran filter udara mobil termasuk cukup vital buat mempengaruhi performa kendaraan. Karena nggak bisa disangkal bahwa kondisi jalanan di Indonesia ini memang kotor dan berdebu.

Mungkin saat kita berada di dalam mobil, kondisi jalanan yang kotor dan berdebu tidak begitu terasa. Tapi bagaimana dengan kebersihan mesin mobil ? Nah, di sini peran filter udara akan bekerja. Bagian mobil tersebut harus berada dalam kondisi terbaik supaya dapat menyaring kotoran dengan maksimal, dan mencegah kotoran masuk ke dalam sistem injeksi.

Soalnya kalau mesin mobil sudah kotor, kemungkinan terjadinya kerak itu bisa cukup tinggi. Dan kalau terus dibiarkan, kotoran juga bisa menyumbat bagian mesin. Alhasil berbagai masalah baru pada ruang pembakaran bisa muncul. Kalau sudah begitu sudah pasti performa mesin bakal turun, lebih parahnya mesin jadi mogok dan butuh servis.

Langkah Simpel Mengganti Filter Udara

Kalau mau coba mengganti filter udara sendiri seperti saya, sebenarnya langkahnya termasuk mudah. Bahkan di buku panduan mobil biasanya sudah tertera dan bisa dipelajari sendiri. Yang pasti mobil harus dalam keadaan mati terlebih dahulu saat melakukan penggantian komponen mesin apapun.

Dan boks filter udara biasanya ada di bagian paling terlihat pada mesin, soalnya ukurannya cukup besar dengan bentuk persegi atau kotak. Jadi cukup mudah buat menemukan bagian air cleaner filter ini, nggak perlu merogoh rogoh ke dalam mesin. Peralatan yang dibutuhkan buat melepas pengikat dari penutup filter juga Cuma sebuah obeng.

Saat sudah terbuka, filter udara bisa diangkat menggunakan tangan. Dan kalau warna filter udara sudah berubah menghitam, apalagi banyak debu dan oli menempel, itu berarti sudah waktunya diganti. Tapi kalau masih sedikit cerah, dibersihkan saja sebenarnya sudah cukup buat meningkatkan performanya.

Beli Air Cleaner Filter di TOSS

Kebetulan, air cleaner filter mobil Avanza saya beberapa waktu lalu memang sudah hitam pekat dan banyak oli menempel. Jadi saya memutuskan buat menggantinya supaya nggak sampai membuat performa mesin kendaraan menurun. Karena dengar dengar Toyota punya layanan e-commerce resmi yang bisa digunakan buat beli sparepart online, akhirnya saya beli lewat situs tersebut.

Saya beli lewat TOSS Tunas Toyota karena menyediakan barang yang saya cari, yaitu air cleaner filter Avanza mesin K3 buat mobil tahun produksi 2003-2006. Langsung deh saya ambil pesanan saya di dealer yang paling dekat dengan domisili. Jadi sekarang filter udara mobil saya sudah diganti dan performa kendaraan rasanya jauh lebih optimal.

Adanya layanan TOSS yang resmi milik Toyota membuat saya jauh lebih mudah untuk beli sparepart Toyota, sehingga perawatan kendaraan menjadi maksimal. Soalnya dari rumah saya sudah bisa tahu produknya ada atau tidak. Jadi nggak perlu capek capek datang ke dealer dan pulang dengan tangan kosong.